|
Lembar Kerja Pelatihan:
RENCANA IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
Penyelesaian
tugas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam merencanakan dan mengevaluasi keterlaksanaan dan keberhasilan perubahan pada pelaksanaan kurikulum 2013.
Setelah mengikuti pelatihan peserta
hendaknya memiliki kompetensi mengelola perubahan
dengan indikator kompetensi, materi, dan aktivitas peserta dapat dilihat
pada gambar berikut:
Seperti yang sudah Saudara ketahui bahwa manajemen
perubahan adalah suatu proses, alat dan teknik untuk mengelola orang-orang
untuk berubah dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Keberhasilan
kepala sekolah dalam merencanakan perubahan diharapkan dapat menunjang
efektivitas pengelolaan kurikulum 2013.
Perhatikan diagram
arah dan ruang lingkup perubahan secara umum yang perlu agar dapat mengarahkan pelaksanaan
kurikulum 2013 di bawah ini. Lihat bahwa poros utamanya adalah mengembangkan
mutu lulusan.
Saudara
juga perlu memperhatikan diagram berkutnya agar dapat melihat struktur
pengembangan program yang dimulai dari visi-misi serta ditindaklanjuti dengan
komponen lain yang mendukung perubahan. Diagram di bawah diharapkan dapat
memperjelas peta tantangan pada berbagai faktor pendukung perubahan secara
utuh.
Penerapan manajemen perubahan pada dasarnya
untuk mengembangkan daya adaptasi sekolah dalam memenuhi kebutuhan
siswa yang terus berubah dan usaha sekolah memperbaiki pemenuhan standar. Tabel
berikut menunjukkan contoh kegiatan yang dapat Saudara kembangkan dengan
indikator pemenuhan standarnya.
No
|
Program/Kegiatan
|
Indikator Pencapaian
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
|
||
1.
|
Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
Mengembangkan sikap spiritual
|
Mengembangkan sikap sosial
|
||
Mengembangkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif
|
||
Mengembangkan keterampilan
|
||
STANDAR ISI
|
||
2.
|
Pengembangan
struktur kurikulum
|
Mengembangkan struktur kurikulum tingkat satuan
pendidikan merujuk pada prinsip-prinsip pada Permendikbud 67/68/69 tahun 2013
|
3.
|
Pemetaan beban
belajar
|
Menentukan kegiatan yang wajib siswa ikuti dalam tiap minggu, semester,
dan satu tahun pelajaran.
|
STANDAR
PROSES
|
||
4.
|
Perumusan RPP
|
·
Mengacu pada silabus, buku guru, dan buku siswa.
·
Komponen RPP sesuai dengan Permendik 81A tahun 2013.
|
5.
|
Penjaminan mutu pelaksanaan pembelajaran melaksanakan
pendekatan saintifik
|
·
Mengamati, menanya, mengasosiasi, mengkomunikasikan.
|
6.
|
Program peningkatan
efektifitas buku guru
|
·
Buku guru sebagai acuan
kegiatan pembelajaran
|
7.
|
Program pemberdayaan buku siswa
|
·
Buku siswa sebagai acuan
kegiatan pembelajaran
|
STANDAR
PENILAIAN
|
||
8.
|
Peningkatan mutu penilaian
|
·
Menerapkan penilaian otentik
·
Menggunakan portopolio
·
Menggunakan Penilaian Acuan
Kriteria (PAK)
·
Mengembangkan model format penilaian untuk tiap guru
·
Mengembangkan sistem informasi penilaian tingkat satuan pendidikan.
·
Mengelola data nilai dalam leger
·
Mengelola data nilai dalam buku induk
·
Mengelola nilai rapot
|
STANDAR
PENGELOLAAN
|
||
Perencanaan
|
||
9.
|
Mensosialisasikan perubahan kepada guru, orang tua dan
peserta didik
|
·
Melaksanakan kegiatan penyebaran informasi rencana perubahan kepada orang
tua siswa, guru, dan seluruh staf sekolah.
|
10.
|
Perencanaan program jangka menengah dan program tahunan
|
·
Tersusunnya program jangka menengah berdasarkan data hasil akreditasi
dan hasil EDS.
·
Mempertimbangkan komponen pergeseran dalam
implementasi kurikulum 2013
·
Tersusunannya jangka tahunan yang dijabarkan dari program jangka menengah dan
hasil EDS
|
Berdasarkan materi yang telah Saudara pelajari, kerjakan tugas berikut pada lembar
jawaban yang tersedia!
1. Berdasarkan berbagai informasi yang telah Saudara
perhatikan, coba
tentukan satu rencana
kegiatan perubahan serta gambaran kondisi nyata dan kondisi
yang diharapkan. Setiap
peserta mengerjakan tugas individu sesuai dengan ketuhan sekolah, namun jawaban
hendaknya didiskusikan lebih dahulu dalam kelompok. Jawaban saudara uraikan dalam matrik yang tersedia !
Kegiatan Perubahan
|
Deskripsi Kondisi Nyata
|
Deskripsi Kondisi Yang
Diharapkan
|
2. Berdasarkan
analisis pada matrik di atas, coba rumuskan tujuan yang ingin Saudara capai dalam pelaksanaan
perubahan.
3. Tentukan
indikator pencapaian tujuan yang telah Saudara buat, sebagai dasar untuk menentukan
keberhasilan.
Contoh : Kegiatan
penilaian
Indikator: Guru-guru menguasi teknik penerapan penilaian
otentik
4. Tentukan
strategi yang akan Saudara gunakan dalam mencapai tujuan perubahan
Contoh :
a. Menggunakan
visi-misi sebagai poros penggerak perubahan
b. Meningkatkan
kompetensi pendidik dalam menerapkan penilaian otentik secara berkelanjutan.
5. Bagaimana
Saudara dapat menjamin bahwa perubahan yang Saudara rencanakan terlaksana dan mencapai tujuan?
Bagaimana
struktur organisasinya untuk mendukung efektivitas program? Siapa bertugas apa?
|
|
Kapan
kegiatan akan dilaksanakan?
|
|
Berapa
biaya yang diperlukan ? Untuk apa?
|
|
Bagaimana
cara memantau keterlaksanaan proses dan ketercapain hasilnya?
|
6. Buatlah
model instrumen evaluasi keterlaksanaan
dan mengukur keberhasilan pencapaian tujuan pada matrik berikut.
No.
|
Kegiatan Perubahan
|
Indikator Keberhasilan
|
Deskripsi Kondisi Nyata
|
Pencapaian Tujuan
|
||
Belum
mencapai standar
|
Mencapai
standar
|
Melebihi
standar
|
||||
Kelompok..........
Ketua
Sekretaris
Anggota
1.
…………….
2.
…………….
0 komentar:
Posting Komentar
Saran anda , refleksi kami